Enaknya Jadwal 14/14

Puji Tuhan. Gw baru sadar kalo ternyata gw cukup beruntung untuk punya jadwal kerja yang mendukung suasana untuk every now and then ngeliat ke belakang dan mengevaluasi.

Jadi jadwal gw 14 hari on duty, 14-nya off duty. One of the best thing of having this work schedule adalah, gw ga perlu berurusan dengan macet (yang bikin orang ‘tua’ di jalan). Gw pun jadi bisa alternate antara pemandangan yang scenery-nya jauh lebih baik daripada urban Jakarta; laut dan ombak yang menepuk pantai. Belom lagi udaranya yang jauh lebih bersih dibanding di kota.

chilling_out_by_emmanunk-d3f5q17Man chilling out, overlooking bay with neatly lined ships. [1]

Tapi yang paling gw syukurin dari itu semua, adalah kesempatan buat gw untuk look back, dan nge-evaluasi apa yang udah gw capai, in terms of personal development.

Gw jadi belajar kalo nelen kritik itu, bagai pil pait, seukuran gelondongan bola tenis. Jadi emang rada susah nelennya. Tapi yang namanya pil, yang sendirinya adalah obat, itu dibutuhkan oleh si ‘pasien’. Kalo pasien, berarti ada yang lagi ‘sakit’, alias ‘needs fixing’.

Jadi ceritanya si mentor gw (yang gw kasihi, gw kagumi, gw hormati) bluntly bilang ke gw, untuk kesekian kalinya (udah lebih dari sekali), kalo gw kurang extra effort demi mempercepat ‘learning curve’ gw.

Rasanya kayak disengat; jadi sakit ilangnya ga langsung. Sempet terdiam dan jadi berkecamuk juga suasana di dalem kepala. Tapi untunglah gw sadar juga kalo kritik itu berarti peduli. Dan ketika kita bisa ambil belajar dari kritik ini (yang kadang kaga ‘ens’), kita bisa jadi diri kita yang lebih baik.

Dan itulah kenapa Puji Tuhan, karena hasil evaluasi gw terhadap apa yang udah gw laluin trip lalu, adalah gw berhasil jadi lebih baik dari gw sebelomnya. Emang cuma sedikit demi sedikit (ga ada yang instan, hanya indomie), makanya dari itu kita butuh keen observation terhadap pengalaman masa lalu.

Yang paling ketara adalah gw bisa nerapin prinsip baru yang gw pegang yang bunyinya, “lebih mudah minta ijin daripada minta maaf”. Artinya? Berani aja. Berani untuk menanggung akibat, berani untuk salah, dan berani untuk dikoreksi. Karena ini bukan hal yang mudah, tapi semua hal juga awalnya ga mudah. Mau satu tempat kerja isinya orang yang lebih tua dari kita 20-taunan plus pun kek, berani aja. Ga jadi terlalu sungkanan ato ga-enakan. Berani kan bukan berarti lancang?

chillout-relaxing-470x260

Man relaxing, lying facedown on a mat in the nature.[2]

Ini semua gw sadarin ketika gw stuck 4 jam di dalem bis DAMRI yang lagi macet-macetnya di depan UNTAR pas jam sore, dari arah bandara nuju Lebak Bulus. (Lesson learned: pilih pesawat ke Jakarta paling pagi ato malem sekalian buat ngindarin macet pas pulang).

Gw sadar kalo gw punya some time away dari apa yang nyedot perhatian gw, yang adalah kerja, ketika gw lagi 14 hari on duty. Jadi, terimakasih ’14 hari off duty’.

Gw jadi bisa nulis buat nge-sort out isi kepala gw, yang emang butuh direlaksasi. Belom lagi buat latian biola ato nyanyi sambil main gitar. Belom lagi buat leisure reading. Belom lagi spending intimate time with family, keeping up dengan perkembangan dan berkat Tuhan yang diterima masing-masing. Terlalu banyak hal yang gw pengen syukurin yang bakal kepanjangan kalo ditulis semua. Dan ini semua, kembali lagi terimakasih buat Tuhan — my rock, my strength, my salvation — yang udah ngasi gw jadwal 14/14 ini. How can I not be grateful?

 

Image credits:

1. “Chilling out”, Emmanunk via deviantart.

2. “Mental break”, via Neurorexia.

6 thoughts on “Enaknya Jadwal 14/14

  1. bro, gw jadwal on duty 1 semester cm punya 1 minggu sblm sp buat ngeliat belakang *ngiri hahaha, wise words bro… we need to look back and forth every now and then to see where we are

    Like

    • sedih juga lo yeee. ahahahah. isyet, btr amat 1 minggu sebelom sp. tapi ya daripada ga ada bim. meski bakal jadi cramming sesh all week. ahahahah. tenkgyu for dropping by bim! always a pleasure.

      Like

  2. Ngiri dech to….
    tapi gw bersyukur banget Tuhan kasih gw di tempat kerja sekarang… gw banyak dikasih kesempatan untuk berkembang dengan support full dr kantor n dikasih kepercayaan… walau harus brangkat n pulang nggak pernah ketemu matahari… tapi masih bisa spending time for my self n my social life….

    Like

    • ahahah. gw tau betul rasanya berangkat gelap, pulang gelap. gw mintak sih sama Tuhan waktu itu supaya gw ga mesti gitu lagi, eh dikasih. Puji Tuhan. ahahah.

      iya din, intinya bersyukur aja sih, karena kalo nemuin kekurangan dan ngeluh itu gampang banget. pasti kalo ditimbang-timbang lagi, lebih banyak berkatnya juga dibanding yang bisa dikeluhin.

      i’m happy for you, din! kan dari perkara-perkara kecil lah, kita akan dipercayakan perkara-perkara besar. one day nanti lo akan jadi orang besar din. amin!

      Like

Leave a comment