Jatoh? Bangun Lagi!

Menurut deskripsi yang pernah gw baca sebelomnya, gw termasuk perfeksionis. Dan lama baru gw ngeh inilah kenapa gw anti banget sama yang namanya gagal.

Gw inget waktu masi sekolah dulu, gw punya jatah bolos yang biasanya gw pake buat ketika akan ngadepin ulangan yang gw rasa belom ‘siap’. Mendingan bolos buat belajar, terus ikut susulan dan nge-score bagus, ibaratnya.

It worked. For a while.

We-Fall-Down-but-We-Get-Up-620x415USA’s Blake Leeper gives teammate Jerome Singleton a helping hand. paralympic.org

Then came the bad news: kenyataannya dalam hidup, ga ada yang namanya ujian susulan. Pada akhirnya, siap ato ga, itu akan dihadepin. Face-to-face.

And boy, was I not ready.

Pas kuliah dulu, gw gagal di sidang skripsi. Penelitian gw dianggep ga berguna oleh satu dosen penguji. Akhirnya gw harus ngulang bikin, ibarat ‘Skripsi: Season Two’. Lebih parah dari dapet C, pikir gw.

Sekalinya gagal, sakit.

Kayak anjing kalah tarung, buntutnya nyelip di antara hind legs. Ga berani langsung hajar lagi. Kabur dulu, dan butuh waktu agak lama buat ngumpulin kekuatan sama percaya-diri. Ga keren banget ya? Tapi itu gw yang dulu, tenang.

Setelah lama jauh gw liat, gw baru ngeh itu sangatlah wajar. Karena masi baru awal-awal juga, dalam konteks mengatasi kekalahan/kegagalan.

Jatoh itu, semakin sering, lebih baik. Karena jadi kebal lama-lama. Jadi nguasain medannya pula. Wouldn’t that be an advantage?

Gw admire banget orang-orang yang bisa langsung bangkit lagi setelah jatoh. Sama halnya dengan bisnis — mereka yang sukses, selalu bangkit meski kenyang gagal. It’s the only way to go.

Belom lama kemaren gw baru aja gagal lagi. Gagal nge-deliver best result di tempat kerja.

Tapi ketika gw hendak memvonis diri sendiri, Puji Tuhan, ada yang ngingetin kalo, ibaratnya bayi, ga ada sejarahnya yang langsung bisa ‘jalan’. Semua ngelewatin proses ‘ngerangkak’ dulu.

Emang sih, rasanya ga enak kalo borok kita lagi di-ekspos orang lain. Kayak ditelanjangin, kadang (itung-itung latian mental gratis). If that’s the case, the appropriate response sebagai orang berjiwa besar would be, ‘I will be better’. Saya akan lebih baik lagi.

When the dog bites. When the bee stings. When I’m feeling sad.
I simply remember my favourite things. And then I don’t feel so bad.

Setelah kita tau letak salah kita, kita jadi tau mana yang mesti dikejar. Gimana prioritasnya. Seberapa cepet mesti dikejar. Di mana kita bisa dapet resource buat bisa ngejar apa yang pengen kita kejar. Baru dari sini kita bisa plan ahead.

Ibaratnya juga ‘kan, make room for mistakes lah. And don’t take things personally. It’s just business, so chill. Grab some beers. Have a good laugh. Or both, boy, they be much better.

Bener kalo orang bilang ada jatah gagal yang emang mesti cepet-cepet diabisin. Apalagi selagi masih muda. Or at least, berjiwa muda. Haha.

And last but the definitely the least: pray. Sadar kalo kita emang ga bisa apa-apa di luar Tuhan, yang jadi kekuatan dan pandu sejati. You’ll be on your feet before you know it.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s