Kalo Ga Sanggup? (Tuhan) Sanggupin!

Ibarat masih bau kencur, ato masih ijo, mereka yang relatif lebih muda dibanding yang lain akan sering dihantui sama threats yang berbentuk: disepelekan, diremehin, dianggap enteng ato dipandang cuma sebelah mata aja, oleh orang lain. Bisa dari atasan di tempat kerja, bisa dari “abang” di tempat pergaulan kita, bahkan dari keluarga sendiri — pelakunya biasanya mereka yang lahir duluan, dengan asumsi kalo mereka yang lebih punya pengalaman dan asam garam hidup, yang ngebuat mereka beranggapan kalo otomatis merekalah yang lebih bener.

Disepele-in itu termasuk salah satu bentuk intimidasi yang ditembakin Si Jahat ke kita, lewat lingkungan kita. We actually have the options to either be affected by it, or choose to ignore it — like when we brush the dust off our shoulders. Like it was nothing.

Continue reading

Advertisements

Serigala dan Aku

Belakangan ini nonton berita nasional di TV jadi makin bikin ga nyaman. Isi beritanya nebar benih ketakutan ke yang nonton gara-gara liat perilaku orang yang makin ga manusiawi. Dari yang nyiram air keras ke orang lain lah sampe korbannya kena inflict chemical burn. Emangnya taneman, sampe disiram?

Yang guru nempeleng muridnya lah. Coba kalo bapak murid yang ditempeleng itu Jet Li. Kasian kan gurunya ntar? Penembakan di sana-sini, sampe ada abdi negara yang mati ditembak preman. Emangnya ini hidup jaman Wild West, koboi tembak sana sini? Anak bunuh ibunya, ato ibu ngebunuh anaknya, seakan-akan nyawa udah ga ada harganya lagi.

Ada juga aksi mesum antar pelajar yang masih relatif belia. Belom lagi pemerkosaan murid oleh gurunya di sekolah. Pemerkosaan di angkot. Di taksi. Gimana orang ga makin takut dan ga percaya sama public transport? Banyak juga keliaran pengemudi edan di jalan yang sampe makan korban jiwa. Belom lagi yang korupsi berjamaah yang ngambil hak orang lain demi kepentingan sendiri. Itu moralnya dititipin di mana? Meja satpam?

Continue reading

Don’t Take Things Personally

An ex-lover of mine (God bless her heart), once rated me an absolute 11 for egotistical tendencies, on a scale of 1 to 10. Hard to admit at first, but she was right. Sadly, it took me so long to realize it. Mainly because I took it very personally, and I took it hard. But I was just a stupid kid back then. I didn’t know anything about life. I was blind, but now I see.

Ego. We all have it in us. It’s the one giving us delusions of grandeur. It’s behind every innocent display of inflated sense of self-importance. It gives a false sense of pride. Bruised ego makes people refuse the idea that they might not be right. They can hardly stand being corrected. They become defensive or embittered over criticisms and suggestions hurled at them. Which is quite unfortunate, because those are, by and large, exactly what a person would need to hear to evolve as a better person.

Continue reading